Internasional

India Akui Tak Sengaja Luncurkan Rudal ke Pakistan

INDOPOSCO.ID – Otoritas India pada Jumat mengakui pihaknya secara tak sengaja telah meluncurkan sebuah rudal ke Pakistan karena “kerusakan teknis”.

“Pada 9 Maret 2022, dalam pemeliharaan rutin, sebuah kerusakan teknis memicu peresmian rudal secara tidak sengaja,” kata Kementerian Pertahanan India dalam sebuah pernyataan tiga paragraf, seperti dikutip Antara, Sabtu (12/3/2022).

“Diketahui bahwa rudal tersebut mendarat di sebuah daerah di Pakistan. Meskipun insiden itu sangat disesalkan, juga melegakan karena tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu.”

Kementerian itu mengatakan Pemerintah India telah memandang serius insiden itu dan memerintahkan sebuah penyelidikan tingkat tinggi.

Pemerintah Pakistan mengatakan rudal tersebut tidak berhulu ledak dan jatuh di dekat kota Mian Channu di bagian timur sekitar 500 km dari ibu kota Islamabad.

Kementerian luar negeri Pakistan memanggil kuasa usaha India di Islamabad untuk menyampaikan protes atas insiden yang mereka sebut sebagai pelanggaran ruang udara tanpa provokasi.

Mereka juga mengatakan insiden itu dapat membahayakan pesawat penumpang dan nyawa warga sipil.

Pakistan memperingatkan India “untuk memerhatikan konsekuensi yang tak menyenangkan dari kelalaian seperti itu dan mengambil langkah-langkah yang efektif untuk mencegah pelanggaran itu terjadi lagi di kemudian hari”.

Menanggapi pengakuan India, Penasihat Keamanan Nasional Pakistan Moeed Yusuf mengatakan New Delhi “sangat tidak bertanggung jawab” dengan tidak segera menginformasikan Islamabad setelah peluncuran rudal yang tidak disengaja itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button