Internasional

Gempa Kecil Guncang Situs Nuklir Korea Utara

INDOPOSCO.ID – Serangkaian gempa kecil alamiah telah melanda wilayah di dekat situs uji coba nuklir Korea Utara yang tertutup, menurut Korea Selatan.

Peristiwa itu menyoroti ketidakstabilan geologis di daerah tersebut ketika Korut mengisyaratkan untuk melanjutkan pengujian pertama sejak 2017.

Sedikitnya empat gempa bumi telah menghantam wilayah itu dalam lima hari terakhir, menurut badan meteorologi Korea Selatan (KMA) di Seoul.

Gempa terakhir pada Selasa (15/2/2022) pagi tercatat berkekuatan 2,5 magnitudo dan berpusat sekitar 36 kilometer dari Situs Uji Coba Nuklir Punggye-ri.

Dua gempa 2,3 magnitudo dilaporkan terjadi di daerah itu pada Senin (14/2/2022) dan sebuah gempa 3,1 magnitudo terjadi pada Jumat (11/2/2022).

Baca Juga: Korut Sesumbar “Guncang Dunia” Lewat Uji Rudalnya

Punggye-ri di timur laut Korut merupakan satu-satunya fasilitas Korut yang diketahui digunakan untuk melakukan uji coba nuklir.

Uji coba terakhir diketahui dilakukan pada September 2017 saat Korut meledakkan bom nuklir keenam dan terbesarnya yang diklaim sebagai senjata termonuklir.

Dalam beberapa perkan usai peledakan itu, para ahli mengatakan serangkaian gempa dan tanah longsor di dekat situs uji coba nuklir menjadi tanda bahwa ledakan besar itu sudah mengacaukan daerah tersebut, yang sebelumnya tak pernah tercatat mengalami gempa alami.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button