Internasional

Korut: Uji Rudal Hipersonik Sukses Kenai Sasaran Sejauh 700 Km

INDOPOSCO.IDKorea Utara menembakkan sebuah rudal hipersonik pekan ini yang berhasil mengenai sasaran, kata kantor berita negara KCNA, Kamis (6/1).

Peluncuran itu menjadi uji coba kedua bagi rudal semacam itu saat Korut berupaya meningkatkan kemampuan militernya di tengah kebuntuan pembicaraan soal perlucutan nuklir.

Korut pertama kali menguji rudal hipersoniknya pada September, bergabung dengan negara-negara militer besar lain dalam perlombaan senjata canggih.

Peluncuran pada Rabu (5/1) itu terdeteksi oleh sejumlah negara di kawasan dan mengundang kritik dari Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang.

Baca Juga : Korsel Janjikan Dorongan Akhir untuk Perdamaian dengan Korut

Senjata hipersonik biasanya meluncur ke arah sasaran pada ketinggian yang lebih rendah ketimbang rudal balistik dan mampu melesat lebih dari lima kali kecepatan suara atau sekitar 6.200 kilometer (km) per jam.

Terlepas dari namanya, para analis mengatakan fitur utama senjata hipersonik bukanlah kecepatan yang terkadang bisa disamai atau dikalahkan oleh hulu ledak rudal balistik tradisional–melainkan kemampuan manuvernya.

Dalam uji coba pada Rabu (5/1) itu, “hulu ledak luncur hipersonik” melepaskan diri dari pendorong roketnya dan bermanuver sejauh 120 km secara lateral sebelum” menghantam dengan tepat” sebuah sasaran sejauh 700 km, kata KCNA.

Rudal tersebut menunjukkan kemampuannya dalam memadukan” penerbangan lompat luncur multi-langkah dan manuver lateral yang kuat”, menurut KCNA.

Uji coba itu juga memastikan berfungsinya sejumlah komponen seperti kendali terbang dan kemampuannya beroperasi di musim dingin, kata KCNA menambahkan.

“Keberhasilan berturut-turut dalam uji peluncuran rudal hipersonik memiliki makna strategis karena mereka mempercepat tugas untuk memodernisasi angkatan bersenjata strategis negara ini,” menurut laporan KCNA.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button