Internasional

Vaksin Berbasis mRNA Beri Efek Booster Terkuat

INDOPOSCO.ID – Vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan Moderna yang berbasis mRNA memberikan efek pendorong terbesar pada kadar antibodi saat diberikan 10-12 minggu setelah dosis kedua, menurut penelitian di Inggris yang diluncurkan pada Kamis.

Penelitian“ COV-Boost” itu pernah disebut oleh pejabat Inggris saat mengumumkan bahwa vaksin Pfizer dan Moderna lebih dipilih sebagai dosis booster di negara itu, namun datanya baru sekarang tersedia untuk publik.

Penelitian itu menemukan enam dari tujuh booster yang diuji mampu meningkatkan kekebalan setelah vaksinasi pertama dengan vaksin Pfizer-BioNTech dan ketujuh booster meningkatkan kekebalan saat diberikan setelah pemberian dua dosis vaksin AstraZeneca.

“Dosis ketiga akan efektif untuk banyak vaksin yang telah kita uji dan dalam banyak kombinasi berbeda,” kata Profesor Saul Faust, pakar imunologi Universitas Southampton dan kepala penelitian, kepada awak media, seperti dikutip Antara, Jumat (3/12/2021).

Penelitian itu memperlihatkan bahwa satu dosis penuh atau setengah dosis Pfizer atau satu dosis penuh Moderna memberikan dorongan yang sangat efektif terhadap kadar antibodi dan sel T pada penerima vaksin Pfizer atau AstraZeneca.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button