Nasional

Meski Antibodi Tinggi, Dampak Omicron Signifikan Perburuk Pandemi

INDOPOSCO.ID – Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health Griffith University, Australia, Dicky Budiman mengatakan, virus Corona varian Delta dan Omicron memicu kenaikan kasus positif di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

“Di masa ini lah kita melihat banyak rekor baru terpecahkan dengan adanya kombinasi Omicron dan Delta ini,” kata Dicky melalui gawai, Jakarta, Senin (17/1/2022).

Selain terjadi peningkatan kasus Covid-19, terdapat negara yang risiko rawat inap di rumah sakit juga meningkat. Namun, ia tidak merinci negara yang dimaksud.

“Artinya kasus infeksi banyak negara global juga tercipta rekor paling banyak, kemudian hunian rumah sakit untuk anak tercipta rekor,” tutur Dicky

Menurutnya lonjakan kasus positif Covid-19 bisa saja membebani fasilitas kesehatan. Meski sebagian besar gejala yang ditimbulkan pasien varian Omicron cukup ringan.

“Termasuk dalam hal ini adanya potensi beban di fasilitas kesehatan, bisa mencapai rekor juga. Ini artinya harus bersikap sangat waspada dengan meresponsnya sangat kuat,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button