Internasional

PM Italia Apresiasi Program Pemberdayaan UMKM di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengapresiasi program-program Presiden RI Joko Widodo mengenai pemberdayaan UMKM, peningkatan peran perempuan dalam bisnis, dan inklusivitas ekonomi.

“PM Italia mengapresiasi program-program yang disampaikan Bapak Presiden,” kata Airlangga dalam keterangan pers daring mengenai rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Group of Twenty (G20) di Roma, yang disaksikan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, dari Jakarta, Minggu (31/10), seperti dikutip Antara.

Baca Juga : PPUMI Canangkan Gerakan Sejuta Sertifikasi Halal Gratis bagi UMKM

Dalam rangkaian KTT G20, terdapat acara sela( side event) mengenai UMKM dan bisnis milik perempuan yang menghadirkan Presiden Jokowi sebagai pembicara, bersama PM Italia Mario Draghi, Kanselir Jerman Angela Merkel, dan Ratu Maxima dari Belanda.

Presiden Jokowi menyampaikan mengenai program pembedayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sudah dilakukan Indonesia, seperti pemberian kredit ultramikro, kredit usaha rakyat (KUR), program Mekaar atau Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera, hingga digitalisasi UMKM.

“Onboarding digitalisasi melibatkan 65 juta UMKM dengan kontribusi 61 persen, dan sebagian besar juga melibatkan perempuan,” kata Menko Airlangga.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button