Internasional

Biden Dorong Negara G20 Penghasil Energi Tingkatkan Produksi

INDOPOSCO.ID – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mendesak negara-negara G20 penghasil utama energi untuk meningkatkan produksinya guna memastikan pemulihan ekonomi global yang lebih kuat.

Desakan itu disampaikan Biden sebagai bagian dari upaya luas untuk menekan Organisasi Negara- Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan mitranya untuk meningkatkan pasokan minyak.

Dengan melonjaknya harga minyak dan gas, beberapa negara penghasil energi seperti Rusia dan Arab Saudi belum cukup meningkatkan produksi untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar negara yang merupakan konsumen energi dan khawatir tentang kekurangan energi dan inflasi.

Baca Juga : PM Italia Apresiasi Program Pemberdayaan UMKM di Indonesia

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyampaikan kekhawatiran itu dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Financial Times.

Macron mendesak pemerintah negara-negara G20 untuk mendorong “visibilitas dan stabilitas harga” yang lebih baik guna menghindari ancaman yang merusak pemulihan ekonomi global pascapandemi.

Harga gas alam yang meroket, dengan tolok ukur Eropa naik hampir 600 persen tahun ini, didorong oleh persediaan gas yang rendah dan permintaan yang melonjak.

Baca Juga : Biden Desak Rusia Hentikan Manipulasi Gas Alam untuk Politik

Setelah sesi G20, seorang pejabat senior pemerintah Amerika Serikat mengatakan bahwa negara-negara konsumen energi mulai membahas upaya yang dapat mereka lakukan jika OPEC dan mitranya tidak berproduksi maksimal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button