Internasional

Bahas Bantuan, Utusan PBB Temui Pejabat Menteri Afghanistan

INDOPOSCO.ID – Kepala Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afghanistan Deborah Lyons berjumpa dengan penjabat Menteri Dalam Negeri Afghanistan Sirajuddin Haqqani untuk mangulas bantuan kemanusiaan.

Haqqani, yang selama bertahun-tahun merupakan salah satu militan yang paling dicari di dunia, baru- baru ini ditunjuk oleh Taliban menjadi bagian dari pemerintah yang baru, yang berupaya mencegah krisis kemanusiaan di Afghanistan.

“(Haqqani) menekankan bahwa personel PBB dapat melakukan pekerjaan mereka tanpa hambatan dan memberikan bantuan penting kepada rakyat Afghanistan,” ucap juru bicara Taliban Suhail Shaheen di Twitter seperti dikutip Antara, Kamis (17/9/2021).

Afghanistan yang telah menghadapi kemiskinan dan kekeringan parah, situasinya terus menjadi memburuk semenjak Taliban mengambil alih kewenangan bulan lalu sebab terdapatnya kendala bantuan, kepergian puluhan ribu orang termasuk pemerintah dan pekerja bantuan, serta runtuhnya banyak kegiatan ekonomi.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan pada rapat bantuan internasional minggu ini bahwa masyarakat Afghanistan sedang “menghadapi kemungkinan masa yang paling berbahaya”.

Misi PBB di Afghanistan mengatakan bahwa dalam pertemuan pada Rabu (15/9), Lyons sudah menekankan” kebutuhan mutlak bagi semua personel PBB dan kemanusiaan di Afghanistan untuk dapat bekerja tanpa intimidasi atau halangan untuk memberikan bantuan vital dan melakukan pekerjaan untuk rakyat Afghanistan”.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button