Internasional

Pemerintah Diminta Prioritaskan Keselamatan WNI di Afghanistan

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi I DPR RI Sukamta meminta pemerintah khususnya Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memprioritaskan keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Afganistan setelah kelompok Taliban merebut pemerintahan di negara tersebut.

“Saat ini prioritas pemerintah Indonesia khususnya Kemenlu yaitu memastikan keamanan WNI. Beberapa WNI berada di sana, baik yang bekerja di Kedutaan Besar Republik Indonesia ataupun yang sedang bekerja di Afganistan secara umum,” tutur Sukamta dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (19/8).

Menurut ia, keselamatan WNI harus jadi perhatian dari pemerintah walau ada jaminan keamanan dari Taliban akan tetapi seperti adigium peluru tidak memiliki mata, namun harus diwaspadai serta dipantau perkembangan WNI sehingga jika perlu dan memungkinkan segera dilakukan evakuasi.

Tidak hanya itu ia menjelaskan, terkait peran Indonesia dalam politik luar negeri bebas aktif, akhir perang antara Taliban dengan pemerintahan Afganistan yang di dukung oleh Amerika Serikat serta NATO, menyisakan banyak permasalahan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button