Internasional

Jelang Olimpiade, Jepang Akan Tetapkan Status Darurat Tokyo

INDOPOSCO.ID – Jepang akan menetapkan status darurat bagi Tokyo hingga 22 Agustus untuk menahan gelombang baru infeksi virus corona, kata seorang menteri pada Kamis, jelang dimulainya Olimpiade dua pekan ke depan.

Penasehat kesehatan pemerintah telah lama memberi masukan, Olimpiade tanpa penonton jadi pilihan yang paling aman di tengah kekhawatiran bahwa kedatangan ribuan atlet dan ofisial akan memicu gelombang baru Covid- 19.

Penyelenggara Olimpiade telah melarang penonton dari luar Jepang. Penonton lokal pun dibatasi 50 persen dari kapasitas, paling banyak 10 ribu orang.

Finalisasi pembatasan akan dibahas pada Kamis atau Jumat pekan ini. Pembahasan akan dipimpin presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, yang tiba di Tokyo pada Kamis untuk meninjau persiapan akhir.

Menteri Ekonomi Jepang Yasutoshi Nishimura, yang mengepalai satgas Covid- 19 pemerintah, mengatakan status darurat Tokyo akan dimulai 12 Juli.

Jepang mencatat tambahan 920 kasus baru pada Rabu, tertinggi sejak pertengahan Mei.

Tokyo saat ini menerapkan pembatasan” darurat semu” (quasi emergency) yang agak longgar. Di bawah pembatasan yang lebih ketat, resto- resto akan dilarang menyajikan minuman alkohol, kata Nishimura.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button