Internasional

Duh, PMI Ilegal di Malaysia Diperkirakan 1,7 Juta Orang

INDOPOSCO.ID – Kasus Covid-19 di negara Malaysia menyebabkan negara tersebut melakukan lockdown. Dubes Indonesia untuk Malaysia Hermono mengatakan, akan memulangkan 7.200 pekerja migran Indonesia (PMI).

Pemulangan PMI tersebut, menurut dia, masih terjadi tarik ulur antara pemerintah Indonesia dan negeri Jiran.”Mereka (PMI) ini ada di tahanan imigrasi, dan sudah habis masa tahanannya. Malaysia akan deportasi mereka, tapi kita yang membiayai,” ujar Hermono kepada wartawan, Minggu (13/6/2021).

Ia telah meminta kepada pihak pemerintah Malaysia agar tidak menahan lebih lama. Terutama PMI yang telah habis masa tahanannya. Maka, menurutnya, sebagai solusi pemerintah Indonesia menawarkan berbagi biaya.

“Malaysia pulangkan PMI dengan kapal laut untuk tujuan Sumatera dan Indonesia memulangkan PMI tujuan Jawa, Lombok dan lainnya menggunakan pesawat udara,” terangnya.

Lebih jauh ia mengungkapkan, pemerintah Indonesia juga menawarkan seluruh biaya PCR tes PMI ditanggung sepenuhnya Indonesia. namun, menurutnya semua tawaran solusi dari Indonesia ditolak oleh Malaysia.

“Pemerintah Malaysia maunya seluruh biaya ditanggung oleh Indonesia. Kita ingin ada win-win solusi,” ucapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button