Internasional

Pulitzers Disabet Reuters dan New York Time

INDOPOSCOP.ID – Reuters dan Minneapolis Star Tribune masing-masing memenangi Hadiah Pulitzer pada Jumat (11/6) untuk jurnalisme tentang ketidakadilan rasial dalam kepolisian AS, sementara New York Times dan Atlantik dihormati karena mencatat Pandemi Covid-19, dua topik yang mendominasi berita utama tahun lalu.

The Star Tribune memenangi Hadiah Pulitzer 2021 karena pelaporan berita terkini untuk apa yang disebut dewan juri sebagai liputan “mendesak, berwibawa dan bernuansa” tentang pembunuhan George Floyd di tangan polisi Mei lalu, sementara Reuters dan Atlantik berbagi penghargaan untuk pelaporan penjelasan.

Hadiah Pulitzer adalah penghargaan paling bergengsi dalam jurnalisme Amerika dan telah diberikan sejak 1917, ketika penerbit surat kabar Joseph Pulitzer mencanangkan hadiah itu sebagai warisan untuk New Universitas Columbia York atas wasiatnya.

Berita Terkait

Pada 2020, “organisasi berita di negara ini menghadapi kompleksitas secara berurutan meliput pandemi global, pandangan rasial, dan pemilihan presiden yang diperebutkan dengan sengit,” Mindy Marques, ketua bersama Dewan Pulitzer, mengatakan pada upacara pengumuman, yang disiarkan online.

Dewan menyebut wartawan Reuters Andrew Chung, Lawrence Hurley, Andrea Januta, Jaimi Dowdell dan Jackie Botts untuk “analisis data perintis” dari serangkaian liputan bertajuk ‘Shielded’ , yang menunjukkan bagaimana doktrin hukum yang tidak jelas tentang ‘kekebalan yang memenuhi syarat’ melindungi polisi yang menggunakan kekuatan berlebihan dari penuntutan.

Pemimpin Redaksi Reuters Alessandra Galloni mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa serial liputan tersebut membentuk perdebatan tentang bagaimana mereformasi kepolisian Amerika.

“Dalam satu tahun protes yang penuh gejolak atas pembunuhan polisi terhadap warga kulit hitam Amerika, ‘Shielded’ adalah karya dengan kekuatan moral yang luar biasa tentang masalah sulit yang dihadapi demokrasi paling kuat di dunia, warisan ketidakadilan rasial,” kata pernyataannya dikutip Reuters melalui Antara.

Hadiah Pulitzer untuk Reuters, sebuah unit dari Thomson Reuters, adalah yang kesembilan sejak 2008, dan keenam dalam empat tahun terakhir.

Tim Reuters berbagi penghargaan pelaporan penjelasan dengan Ed Yong dari The Atlantic, yang dipuji oleh dewan untuk “serangkaian karya tulis yang jelas dan pasti tentang Pandemi Covid-19.”

Serangkaian berita kepolisian Reuters dipicu oleh satu kasus – dan membutuhkan analisis data yang panjang dan kompleks untuk diselesaikan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button