Internasional

WNA di Malaysia Gratis Vaksin

INDOPOSCO.ID – Kabinet Pemerintahan Perikatan Nasional Malaysia setuju kalau Program Imunisasi Covid-19 Nasional yang akan mulai akhir bulan ini juga akan melibatkan warga negara asing (WNA) yang tinggal di Malaysia secara gratis.

“Kabinet Menteri yang bertemu kemarin setuju kalau Program Imunisasi Covid-19 Nasional melibatkan nonwarga negara yang tinggal di Malaysia secara gratis,” ujar Komite Jaminan Akses Vaksin Malaysia dalam pernyataannya seperti dilansir Antara di Putrajaya, Kamis (11/2/2021).

Sejalan dengan tema Program Imunisasi Nasional Covid-19 yaitu “Lindungi Diri Anda, Lindungi Semua” dan melalui pendekatan “tidak ada yang aman, jadi semua orang aman”, pemberian vaksin gratis kepada kelompok ini setelah memperhitungkan sejumlah faktor.

Beberapa faktor tersebut adalah lingkungan aman dan bebas Covid-19 hanya mungkin dilakukan dicapai ketika sebanyak mungkin orang Malaysia diberikan vaksin dan pada masa pandemi vaksinasi adalah langkah yang manusiawi.

Komite juga mencatat sejumlah besar pasien melalui klaster yang ada dari pekerja asing (perkebunan, konstruksi dan produksi), biaya perawatan dan karantina pasien Covid-19 tinggi sebagai akibat infeksi pada klaster pekerja asing.

Kemudian pekerja asing yang telah menjadi bagian dari komunitas-komunitas dan juga berkontribusi pada perekonomian negara serta layanan oleh beberapa negara asing yang juga menyediakan vaksin untuk warga negara Malaysia di negara tersebut.

Keputusan ini akan memudahkan pemberian vaksin bukan warga negara dan membantu menyukseskan Program Imunisasi Covid-19 Nasional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button