Internasional

Setelah Mendekam 4 Tahun, Akhirnya Jurnalis Al Jazeera Dilepas Mesir

INDOPOSCO.ID – Setelah berstatus tersangka dan mendekam di penjara selama lebih dari empat tahun, akhirnya seorang jurnalis Al Jazeera berkebangsaan Mesir, Mahmoud Hussein dibebaskan Otoritas di Mesir pada Sabtu (6/2/2021). Kabar gembira Mahmoud bisa menghirup udara bebas disampaikan oleh saudara laki-lakinya, Nageh Hussein dan pengacaranya, Taher Abou al-Nasr.

Mahmoud dijebloskan ke hotel prodeo saat baru tiba di Kairo dari Doha, Qatar untuk berlibur. Ia dipenjara sejak Desember 2016 karena dituduh menyebarkan berita bohong, bergabung dengan organisasi terlarang, serta menerima dana asing.

Jurnalis Al Jazeera itu pun dilepaskan dari tahanan setelah Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir pada Januari 2021 sepakat untuk memulihkan kembali hubungan dagang, diplomatik, serta membuka perbatasan dengan Qatar.

Negara-negara Arab itu memutuskan hubungan dengan Qatar pada 2017 karena negara itu dicurigai mendanai organisasi teroris. Namun, Doha membantah tuduhan itu.

Menurut Nageh Hussein dan Taher Abou al-Nasr, hakim di Pengadilan Kairo memerintahkan agar Mahmoud dibebaskan dengan ‘pengawasan’ sembari menunggu hasil penyelidikan yang dimulai sejak 1 Februari 2021.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button