Headline

Covid-19 Omicron BF.7 Berasal dari Importasi dan Transmisi Lokal

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kesehatan RI telah mendeteksi total 15 pasien terinfeksi Covid-19 sub varian Omicron BF.7 di Indonesia hingga Jumat, yang seluruhnya berasal dari importasi kasus serta transmisi lokal.

“Sembilan kasus di antaranya transmisi lokal. Sisanya berasal dari pelaku perjalanan luar negeri (importasi),” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes RI Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (30/12/2022).

Nadia merinci temuan sub varian Omicron yang memicu lonjakan kasus di China dan sejumlah negara lainnya itu dilaporkan dari DKI Jakarta tujuh kasus, Jawa Barat satu kasus dan Bali tujuh kasus.

Baca Juga : Hong Kong Mulai Cabut Pembatasan Sosial Terkait Covid-19

Hingga saat ini Kemenkes terus memonitor fluktuasi kasus BF.7 melalui kegiatan surveilans genomik dari masyarakat yang mengalami kontak erat dengan para pasien.

“Perkembangannya sementara ini melalui pengawasan di sejumlah pintu masuk yang telah diperketat, surveilans genomik untuk monitor kasus,” katanya.

Nadia mengimbau masyarakat yang tengah beraktivitas libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 agar mengikuti aturan Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 24 dan 25 tentang Pelaku Perjalanan Dalam dan Luar Negeri untuk mencegah risiko penularan SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button