Headline

KPAI Minta Evaluasi Total Penyelenggaraan Pertandingan Sepak Bola

INDOPOSCO.ID – Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan perlu ada evaluasi total mengenai penyelenggaraan pertandingan sepak bola agar perhelatan itu tidak memakan korban, termasuk anak-anak, seperti yang terjadi di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

“Kita mesti evaluasi total, baik dari sisi perencanaan, penyelenggaraan, keamanan dan aspek lain,” kata Susanto seperti dikutip Antara, Rabu (5/10).

Evaluasi total harus dilakukan agar Indonesia mampu membuat pertandingan sepak bola yang bermartabat serta berorientasi prestasi, ujar Susanto.

Dia mengatakan Komisi Perlindungan Anak Indonesia sangat berduka atas Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang usai pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10).

Baca Juga : Ada Selisih Data Korban Kerusuhan Kanjuruhan, Ini Penjelasan Polisi

“Kami menyampaikan duka mendalam atas tragedi Kanjuruhan, kami berharap ini merupakan peristiwa terakhir dan tak berulang kembali,” harap dia.

Menurut Susanto, penonton anak adalah kelompok rentan dalam penyelenggaraan pertandingan yang berlangsung pada malam hari, terutama mengingat bagaimana situasi kompetisi bola di Indonesia. “Penyelenggara mestinya selektif,” ujar Susanto.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button