Headline

Keren, Pelajar Indonesia Juara Utama Lomba Foto di Jepang

INDOPOSCO.IDRian Tumonglo, salah seorang siswa SMK jurusan tata boga dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK), menjadi pemenang utama Higashikawa “Town of Photography” Award dalam ajang The 8th International High School Students’ Photo Festival Exchange.

Kepala Sekolah SIKK Dadang Hermawan mengatakan bahwa ajang itu menjadi pengalaman pertama siswanya mengikuti lomba fotografi yang juga dikenal dengan Higashikawa Youth Fest yang berpusat di Higashikawa, Hokkaido, Jepang. Tahun ini, ajang tersebut dilaksanakan secara daring mulai April hingga Agustus 2022.

”Panitia penyelenggara membuka pendaftaran bagi pelajar di seluruh dunia untuk mengikuti penyaringan tahap pertama dan setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan satu buah foto melalui situs mereka,” ujarnya di Kuala Lumpur, Jumat (26/8/2022).

Rian, berhasil menjadi salah satu finalis kategori individu yang karya fotonya menyisihkan 125 peserta lain dari berbagai negara, setelah melewati penjurian selama kurang lebih satu bulan.

Baca Juga: Jepang Akan Kembali Dibuka Bagi Turis Asing

Dengan Frangky Kurniawan selaku pembimbing guru seni budaya di sekolahnya, Rian terpilih menjadi salah satu finalis 10 besar bersama tiga siswa dari Myanmar, dua siswa dari Jepang, dan empat siswa lain masing-masing dari Taiwan, Thailand, Laos dan China.

Sedangkan untuk kategori grup, para finalis berasal dari Kolombia, Thailand, Myanmar, Prancis, Vietnam, Indonesia dan Amerika Serikat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button