Headline

Transisi Endemi Karena Imunitas Lebih Adaptif Pada Varian Baru

INDOPOSCO.ID – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan latar belakang transisi Indonesia secara bertahap dari pandemi menuju endemi Covid-19 dipengaruhi latar belakang imunitas masyarakat yang lebih adaptif terhadap varian baru.

“Kenaikan kasus Covid-19 disebabkan adanya varian baru. Penyebab utama lonjakan kasus karena adanya varian baru. Ini jauh menentukan dari adanya acara besar Lebaran dan tahun baru,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers yang diikuti dari YouTube di Jakarta, Selasa (17/5).

Budi mengatakan kenaikan kasus Covid-19 yang saat ini melanda China, Amerika, Taiwan dan Jepang dipicu kemunculan varian BA.2 (Omicron).

Tapi berdasarkan pengamatan di dalam negeri, kata Budi, situasi di Indonesia berbeda sebab tidak terjadi kenaikan kasus terkonfirmasi yang signifikan di dalam negeri karena varian baru SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Imunitas masyarakat Indonesia terhadap varian baru sudah lebih baik,” katanya.

Baca Juga: Efisiensi Masa Kampanye Pertimbangkan Transisi Pandemi

Menurut Budi hal itu ditunjukkan oleh laporan sero survei untuk mengukur kadar antibodi masyarakat yang berasal dari vaksinasi Covid-19 program pemerintah maupun imunitas alami yang didapat dari infeksi Covid-19.

Sero Survei yang digelar pada Desember 2021 di Jawa-Bali menunjukkan 93 persen masyarakat setempat sudah memiliki antibodi yang berasal dari vaksinasi, imunitas alami karena infeksi maupun kombinasi keduanya.

Pada sero survey kedua yang dilaksanakan pada Mei 2022, kadar antibodi masyarakat kembali meningkat dari 93 persen menjadi 99,2 persen. “Ini karena kombinasi percepatan vaksinasi, juga karena penularan Omicron yang lebih tinggi dari Delta sehingga banyak masyarakat kita yang tertular,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button