Headline

Mengenal Alopecia, Penyebab Kebotakan Jada Pinkett Smith

INDOPOSCO.ID – Dalam gelaran malam di Oscar, Will Smith menampar Chris Rock setelah sang komedian membuat lelucon tentang istri Smith, Jada Pinkett Smith, yang mengalami kerontokan rambut.

“Jada, aku mencintaimu. G.I. Jane 2, tidak sabar untuk melihatnya,” kata Rock, mengacu pada film 1997 “G.I. Jane,” yang menampilkan Demi Moore dengan kepala dicukur.

Pinkett Smith baru-baru ini mencukur habis rambutnya karena, seperti yang dia jelaskan dalam video Instagram pada bulan Desember, dia “berjuang dengan alopecia.”

Apa itu alopesia?

Alopecia adalah istilah luas yang mengacu pada segala bentuk kerontokan rambut, kata Dr. Angela Lamb, dokter kulit bersertifikat di Mount Sinai di New York City dikutip dari The New York Times pada Selasa.

Penyebabnya bisa banyak. Beberapa orang terutama pria kehilangan rambut kulit kepala seiring bertambahnya usia karena perubahan hormon yang dikenal sebagai androgen, katanya, dan itu dianggap sebagai bentuk alopecia. Jenis kerontokan rambut yang umum di komunitas kulit hitam adalah traksi alopecia, yang terjadi ketika rambut ditarik terlalu lama.

Alopecia juga bisa disebabkan oleh sistem kekebalan mereka mulai menyerang folikel rambut mereka dalam apa yang dikenal sebagai alopecia autoimun.

Bentuk autoimun alopecia dapat disebabkan oleh discoid lupus erythematosus, yang dapat menyebabkan luka dan jaringan parut pada wajah dan kulit kepala. Central centrifugal cicatricial alopecia adalah kondisi lain yang berhubungan dengan kekebalan yang menyebabkan jaringan parut pada kulit kepala dan kerontokan rambut permanen. C.C.C.A. hampir secara eksklusif muncul di antara wanita kulit hitam antara usia 30 dan 55, dan penelitian menunjukkan itu mungkin menimpa sebanyak 15 persen wanita tersebut.

Bentuk umum lain dari alopecia autoimun adalah alopecia areata. Ketika orang berbicara tentang alopecia, mereka sering mengacu pada jenis ini, yang mempengaruhi satu dari setiap 500 hingga 1.000 orang di Amerika Serikat. Tidak jelas jenis alopecia yang dimiliki Pinkett Smith, tetapi penampilannya menunjukkan bahwa itu adalah alopecia areata, kata Dr. George Cotsarelis, dokter kulit di Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, Selasa (29/3/2022), seperti dikutip Antara.

Kapan, mengapa dan bagaimana alopecia areata terjadi?

Alopecia areata dapat muncul pada masa kanak-kanak, remaja atau dewasa, kata Dr. Lamb.

Orang yang memiliki kondisi tersebut cenderung kehilangan rambut dalam gumpalan, katanya, menyebabkan bintik-bintik botak bulat. (Kata “areata” mengacu pada sifat kerontokan rambut yang tidak merata; ketika seseorang kehilangan semua rambut di kulit kepalanya, itu disebut alopecia totalis, dan ketika mereka kehilangan semua rambut di tubuhnya, itu disebut alopecia universalis.)

Beberapa orang dengan alopecia areata kehilangan sebagian rambut hanya di kulit kepala mereka, sementara yang lain kehilangannya di tempat lain di tubuh mereka juga, katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button