Headline

Anggota DPR Tegaskan Siklus Pemilu Lima Tahunan Harus Berjalan

INDOPOSCO.ID – Anggota DPR RI Subardi menegaskan siklus pemilihan umum (Pemilu) setiap lima tahunan sekali harus terus berjalan sebagai mekanisme dalam konstitusi.

“Siklus Pemilu lima tahunan itu harus berjalan. Tidak boleh diundur, karena di situ ada pelimpahan legitimasi dari rakyat kepada pemerintah. Itu mekanisme konstitusi,” kata Subardi, seperti dikutip Antara, Rabu (9/3/2022).

Dia menjelaskan makna Pemilu setiap lima tahun sekali adalah pembaharuan legitimasi. Dari aspek filosofis, negara wajib menyediakan sarana pelimpahan legitimasi agar roda pemerintahan tetap sah.

Baca Juga : Sikap Indonesia Soal Ukraina, Komisi I DPR Punya Penilaian

Apabila sarana itu diganggu, konsekuensi- nya ada kekosongan jabatan presiden, karena masa jabatannya berakhir. Akibatnya, negara kehilangan pemerintah yang sah. Rakyat juga dirugikan karena tidak mendapat saluran legitimasi- nya.

“Siklus Pemilu harus dijalankan agar tidak ada kekosongan kekuasaan. Agar tidak ada perampasan hak rakyat. NasDem tegas menolak penundaan Pemilu. Ketua Umum Surya Paloh sudah menyatakan hal itu,” ujar Subardi menegaskan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button