Headline

Pakar: IKN Merupakan Keputusan Politik Negara yang Visioner

INDOPOSCO.ID – Pakar Sosiologi Perkotaan dan Kawasan, Gumilar Rusliwa Somantri mengatakan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur (Kaltim) adalah keputusan politik negara yang sangat visioner dan strategis.

“Pemindahan IKN merupakan keputusan politik negara yang sangat visioner dan strategis. Secara sosiologis kebijakan ini berati menggeser titik berat pembangunan dari Jawa sentris ke Nusantara sentris,” kata Gumilar dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (15/2/2022), seperti dikutip Antara.

Gumilar mengatakan saat ini Pulau Jawa sudah memiliki 156 juta penduduk dengan daya dukung ruang terbatas. Maka, dengan adanya IKN Nusantara diharapkan bisa membuat pemerataan penduduk tercipta secara produktif.

Baca Juga: Pemimpin Otorita IKN Harus Peka Terhadap Kearifan Lokal

“Kaltim sendiri penduduknya lima juta jiwa, padahal luas wilayahnya sama dengan Pulau Jawa ditambah Madura dan Bali. Dengan pindahnya IKN diharapkan pemerataan penduduk terjadi secara alamiah,” ujar sosiolog Universitas Indonesia tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button