Headline

Vaksin Sputnik V Disebut Lebih Tangguh Hadapi Virus Omicron

INDOPOSCO.ID – Vaksin Sputnik V asal Rusia lebih tangguh dalam aktivitas menetralkan virus Covid-19 varian Omicron dibandingkan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna, berdasarkan studi yang dilakukan oleh The Gamaleya Center bersama The Russian Direct Investment Fund (RDIF).

Hasil penelitian itu menunjukkan Sputnik V hanya berkurang tiga hingga tujuh kali dalam aktivitas menetralkan virus Omicron dibandingkan dengan Pfizer-BioNTech, yang berkurang 41 kali, dan Moderna 49-84 kali.

“Sejauh ini, Sputnik V menunjukkan hasil terbaik dalam menetralisasi virus Omicron jika dibandingkan dengan vaksin lain,” kata Presiden Direktur RDIF Kirill Dmitriev dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual dari Rusia seperti dikutip Antara, Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga : Ingat Bahaya Omicron, Jangan Berpergian ke Luar Negeri Dulu!

Penelitian itu menggunakan serum dengan periode lebih dari enam bulan setelah vaksinasi sebagai indikator perlindungan Sputnik V yang lebih lama dibandingkan dengan periode vaksin lain yang lebih singkat, yakni Pfizer-BioNTech 12-27 hari dan Moderna 28 hari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button