Headline

Perkembangan Industri Halal Indonesia 2 Tahun Terakhir Membanggakan

INDOPOSCO.ID – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa perkembangan industri halal nasional dalam 2 tahun terakhir ini cukup membanggakan.

Merujuk data State of the Global Islamic Economy Report 2020-2021, Indonesia disebut berada di peringkat ke- 4 di sektor makanan halal atau meningkat 8 peringkat dari peringkat sebelumnya.

“Di sektor halal farmasi dan kosmetik, kita naik 19 peringkat ke peringkat ke-6 dunia. Sementara di sektor media dan rekreasi, peringkat kita meningkat dari posisi 52 ke posisi 5 peringkat dunia,” ucap Menperin Agus Gumiwang pada ajang penghargaan Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2021, seperti dikutip Antara, Jumat (16/12/2021).

Adapun di sektor bentuk fesyen muslim, lanjut dia, Indonesia berada di peringkat ke-3 dunia. Selain itu Menperin menyebut investasi industri halal Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia.

Baca Juga: Sinergi dan Inovasi Food Industry Jadi Fokus Rakerda APJI DKI JAKARTA 2021

Pada kurun tahun 2018-2021, tercatat 80 transaksi dalam bentuk M&A (Merger& Accuisition), Private Equity (PE), dan Venture Capital (VC) terkait dengan industri halal. Transaksi tersebut tersebar di setiap sektor dengan yang paling besar terjadi di sektor makanan halal dan keuangan syariah.

“Capaian-capaian ini tentu menjadi penambah semangat kita semua untuk bekerja lebih keras untuk meningkatkan kinerja industri halal nasional, sehingga kita bisa menguasai pasar halal dunia,” kata Menperin.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button