Headline

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Itu Penting, Mau Tahu Alasannya?

INDOPOSCO.ID – Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun telah dimulai sejak, Selasa (14/12/2021). Tidak semua daerah bisa melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini. Hanya daerah yang cakupan vaksinasi dosis pertama dan lanjut usia (lansia) yang lebih dari 70 persen yang diperbolehkan melaksanakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

Beberapa daerah yang diizinkan untuk melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 di antaranya Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan DKI Jakarta dan sejumlah daerah lainnya.

Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) telah memasuki hari ketiga pelaksanaan vaksinasi covid-19 umur 6-11 tahun, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga : Ketua DPR Dukung Percepatan Program Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Kota Tangerang mengimbau orang tua mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 kategori anak-anak tersebut, dengan menyegerakan anak-anaknya ikut divaksin.

Sekretaris IDAI Kota Tangerang, dr. Arifin Kurniawan Kashmir menyatakan, rencana pemerintah untuk memberikan vaksin Covid-19 kepada anak umur 6-11 tahun, harus disambut positif.

“Namun, IDAI mengingatkan bahwa prioritas program vaksinasi tetap pada kelompok lansia dan usia produktif,” kata Arifin, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga : Pemerintah Alokasikan Dosis Kedua Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Arifin mengatakan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok usia 6-11 tahun itu sangat penting bagi anak.

Ia menyebutkan enam alasan pentingnya vaksinasi bagi kelompok usia 6-11 tahun. Di antaranya, kelompok usia tersebut harus belajar tatap muka, sehingga berisiko menularkan bagi diri sendiri, sesama murid, guru, orang tua dan lansia di rumah.

Selain itu, mempertimbangkan kemungkinan rendahnya kepatuhan anak dalam memakai masker tidak longgar dan melorot, tidak berkerumun, menjaga jarak, juga mencuci tangan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button