Headline

Muktamar NU akan Soroti Reforma Agraria

INDOPOSCO.ID – Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) yang rencananya digelar pada 23-25 Desember 2021 akan menyoroti persoalan reforma agraria yang dinilai belum memihak rakyat kecil dari sejumlah persoalan yang dibahas dalam kegiatan tersebut.

“Yang kita sorot adalah soal pemanfaatan lahan dan praktiknya selama ini bahwa undang-undang kita tidak (atau) belum berpihak kepada rakyat kecil,” kata Ketua Komisi Bahtsul Masail Qanuniyah Muktamar ke-34 NU Mujib Qulyubi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Aturan mengenai pertanahan termaktub dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, serta UU Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.

Mujib mengatakan transmigran di daerah-daerah yang telah bertahun-tahun membuka dan memanfaatkan lahan, ternyata banyak yang belum mendapatkan legalitas izin berupa sertifikat tanah.

Tetapi begitu ada konsorsium atau perusahaan besar yang akan memakai tanah itu, maka diberikan izin memanfaatkan lahan walaupun dalam waktu tertentu. Kondisi tersebut membuat warga justru menjadi pihak yang dirugikan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button