Headline

Pandemi Percepat Revolusi Literasi Digital

INDOPOSCO.ID – Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependudukan (GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunu Suyani menuturkan, pandemi telah mempercepat revolusi literasi digital.

“Sebelum pandemi kita sudah dihadapkan literasi digital. Pandemi telah mempercepat kita lebih melek digital,” kata Nunu Suryani pada Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) ke-13 secara daring, Sabtu (20/11/2021).

Ia menyebut, dalam revolusi industri 4.0 siswa dituntut tidak hanya meraih nilai akhir yang tinggi. Tetapi harus menjadi siswa yang mampu memecahkan masalah, kreatif hingga inovatif.

“Itu tuntutan industri 4.0. Pembelajaran industri 4.0 harus ditransformasi, guru tidak hanya penyampai materi, tetapi juga sebagai mentor hingga fasilitator,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Terbuka (UT) Ojat Darojat mengatakan, pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang fundamental. Dari kehidupan hingga pembelajaran.

“Kita semua menjadi saksi, bagaimana pandemi telah mengubah sistem pembelajaran dari konvensional menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ),” ujar Ojat Darojat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button