Headline

SKK Migas Sebut Ada 4.500 Sumur Ilegal di Indonesia

INDOPOSCO.ID – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memperkirakan terdapat sekitar 4.500 sumur ilegal yang tersebar di Indonesia.

“Diperkirakan ada 4.500 sumur ilegal dan produksinya kurang lebih 2.500 barel minyak per hari,” tutur Tenaga Ahli Kepala SKK Migas Ngatijan dalam diskusi virtual seperti dikutip Antara, Jumat (5/11/2021).

Ngatijan mengatakan angka itu didapat dari pendataan yang dilakukan kantor perwakilan SKK Migas di daerah dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Baginya, bila sumur-sumur ilegal tersebut diatur secara baik bisa menghasilkan minyak sebanyak 10.000 barel per hari.

Gambaran umum kegiatan penambangan sumur ilegal terdapat di banyak daerah, seperti Desa Bayat Ilir, Sumatera Selatan dengan jumlah yang tidak diketahui; Kabupaten Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, dan Bireun mencapai 2.000 sumur; Desa Lubuk Napal di Jambi ada 53 sumur.

Baca Juga: Produksi Migas Triwulan III-2021 Subholding Upstream Capai 866 MBOEPD

Kegiatan tersebut juga terdapat di Musi Banyuasin wilayah Sumatera Selatan dengan jumlah sumur yang tidak diketahui; Betung di Jambi mencapai 1.500 sumur, Telaga Said di Sumatera Utara sebanyak 150 sumur, dan Perlak di Aceh Timur ada 800 sumur.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button