Headline

Epidemiolog: Untuk Jadi Endemi, Harus Konsisten Kendalikan Covid-19

INDOPOSCO.ID – Epidemiolog menyebutkan bahwa Indonesia harus konsisten mengendalikan kasus Covid-19, termasuk melindungi nilai perawatan di fasilitas kesehatan dan kematian tetap rendah jika ingin beralih status dari pandemi menjadi endemi.

Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Masdalina saat dihubungi di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa Indonesia harus melaporkan kepada WHO kalau indikator jumlah kasus, positivity rate, perawatan, serta kematian tetap rendah dan terkendali.

Baca Juga : Ini Tiga Tahap Indonesia Keluar dari Pandemi Menjadi Endemi

Masdalina mengatakan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia bisa disebut terkendali dinilai dari indikator-indikator tersebut yang dipertahankan dari waktu ke waktu.

Untuk menjadi endemi, sebelumnya Badan Kesehatan Dunia (WHO) wajib lebih dulu mencabut status pandemi jadi epidemi. Suatu epidemi atau wabah penyakit dikatakan sebagai pandemi apabila setengah dari negara yang ada di dunia terinfeksi wabah penyakit tersebut.

Setelah status pandemi dicabut oleh WHO dan menjadi epidemi, perubahan ke status endemi tinggal terkait waktu dengan periode tiga tahun berturut-turut dengan pengendalian yang terukur.

Baca Juga : IGJ: Jangan Tergesa-gesa Tetapkan Status Jadi Endemi

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button