Headline

Menkeu: Ini Tiga Tantangan Pemulihan Ekonomi Global

INDOPOSCO.ID – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemulihan ekonomi global akibat pandemi Covid-19 di seluruh dunia saat ini tengah terjadi meski tidak merata, salah satunya karena akses vaksin yang tidak merata di seluruh dunia.

“Ada negara-negara yang sampai hari ini bahkan jumlah vaksinasinya dari penduduknya kurang dari 3 persen, di negara-negara Afrika. Rata-rata yang di negara-negara miskin baru 6 persen dari penduduknya, sementara negara-negara maju sudah melakukan vaksinasi di atas 70 persen atau bahkan mendekati 100 persen dan mereka sudah melakukan boosting,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya di Hotel Splendide Royal, Roma, Italia, Sabtu (30/10), seusai mendampingi Presiden Joko Widodo dalam KTT G20 di La Nuvola.

Selain akses vaksin yang tidak merata, kata dia, pemulihan ekonomi dunia juga terancam oleh dua hal lain, yaitu terjadinya inflasi kenaikan energi dan disrupsi dari suplai.

Baca Juga : Sektor Properti Jadi Andalan Pemulihan Ekonomi Pascapandemi

Menurut Menkeu Sri Mulyani, hal tersebut terjadi di seluruh negara yang pemulihan ekonominya sangat cepat meski mengalami komplikasi dalam bentuk kenaikan harga energi dan disrupsi suplai.

“Artinya apa? Waktu permintaan pulih dengan cepat dan kuat, ternyata suplainya tidak mengikuti,” kata Sri Mulyani

Lebih lanjut, Menkeu menjelaskan bahwa kenaikan energi yang terjadi sangat cepat karena investasi di bidang energi, terutama yang non-renewable itu sudah merosot tajam dihadapkan pada permintaan energi yang melonjak akibat pemulihan ekonomi. Hal tersebut mendorong inflasi yang tinggi di berbagai negara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button