Ekonomi

Digitalisasi Keuangan Faktor Penting Dalam Pemulihan Ekonomi

INDOPOSCO.IDDigitalisasi keuangan merupakan faktor penting untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi Covid-19.

Digitalisasi ekonomi dan keuangan terbukti penting untuk akselerasi pemulihan ekonomi di masa pandemi. Transaksi ekonomi digital tumbuh sangat tinggi, didukung dengan layanan sistem pembayaran yang begitu mudah, serta perubahan preferensi masyarakat untuk berbelanja dan bertransaksi secara online,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, dalam jumpa pers daring, Kamis (21/10).

Dia memaparkan, nilai transaksi e-commerce dan uang elektronik pada tahun 2021 diperkirakan tumbuh tinggi, dengan masing-masing berada di angka 48,4 persen dan 35,7 persen. Pun dengan transaksi ekonomi dan keuangan secara digital yang difasilitasi oleh perbankan diperkirakan tumbuh sebesar 30,1 persen.

“Ini membanggakan dan menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi nasional. Lebih dari itu, ini adalah salah satu sumbangan kita bagi ekonomi kerakyatan,” kata Perry, seperti dikutip Antara.

Lebih lanjut, ia mengatakan BI mempunyai komitmen dalam transformasi digitalisasi sistem pembayaran guna mengakselerasi dan mengintegrasi ekonomi dan keuangan digital secara nasional.

Perry melanjutkan, berbagai program sudah dilakukan oleh BI sejak 2019, bersama koordinasi dan sinergi dengan perbankan dan industri sistem pembayaran.

Seiring berjalannya waktu, upaya itu membuahkan hasil dan mengalami kemajuan yang ia nilai cepat. Mulai dari QRIS yang disambut oleh pengguna dan penjual, lalu sebanyak 11,4 juta merchant usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) juga telah tersambung dalam platform digital.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button