Headline

Pemerintah Diminta Pastikan Keamanan Data Aplikasi PeduliLindungi

INDOPOSCO.ID – Penggunaan aplikasi PeduliLindungi semakin banyak digunakan masyarakat. Maka perlindungan data pribadi harus dapat dijamin oleh pemerintah.

Mengingat di dalamnya terdapat banyak data pribadi seperti nama, nomor identitas kependudukan (NIK), status vaksinasi, hingga hasil tes Covid-19 yang bisa disalahgunakan apabila terjadi kebocoran.

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19

Aplikasi itu mengandalkan partisipasi masyarakat, saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta, pemerintah memastikan keamanan penggunan aplikasi tersebut. Sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran di tengah masyarakat.

“Jaminan keamanan ini yang perlu disampaikan/dideklair oleh pengelola. Ini akan membuat rasa tenang masyarakat,” kata pengurus YLKI, Agus Suyatno melalui gawai di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Upaya itu berkaca dar dugaan kebocoran data pribadi aplikasi Electronic Health Alert Card (eHAC) milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Kebocoran data tersebut terjadi pada aplikasi yang lama.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button