Headline

Demokrat Nilai Wacana Amandemen UUD 1945 di Tengah Pandemi Tak Bijak

INDOPOSCO.ID – Partai Demokrat menyatakan wacana mengubah atau mengamandemen Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 di tengah situasi pandemi Covid-19 dinilai tidak bijaksana,

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra, dalam keterangan tertulisnya, Kamis, mengatakan DPR RI dan pemerintah seharusnya fokus menangani pandemi Covid-19, karena mengubah pasal-pasal pada UUD 1945 membutuhkan situasi yang tenang dan kondusif.

Namun tidak hanya itu, Herzaky berpendapat mengubah UUD 1945 juga akan menyita sumber daya karena prosesnya membutuhkan partisipasi publik secara luas, sementara pandemi masih membatasi sejumlah kegiatan dan aktivitas masyarakat.

Berita Terkait

“Lebih baik MPR serta DPR RI mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki untuk mengawasi kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi,” terang Herzaky, dikutip Antara, Kamis (19/8).

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat itu pun menyarankan MPR dan DPR sebaiknya membuat evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan UUD 1945 sebelum melakukan amandemen kelima.

Kemudian, terkait wacana membentuk Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN), Herzaky berpendapat tidak adanya PPHN bukan alasan dari adanya kekurangan pada tata kelola negara saat ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button