Headline

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2022 Diperkirakan 5,0 hingga 5,5 Persen

INDOPOSCO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022 diperkirakan pada kisaran 5,0 persen sampai 5,5 persen.

Target itu berpijak pada kebijakan reformasi struktural, serta memperhitungkan dinamika pandemi Covid-19 di Indonesia, asumsi indikator ekonomi makro yang dipergunakan di tahun 2022.

“Kita akan berusaha maksimal untuk pertumbuhan ekonomi di batas atas yaitu 5,5 persen. Namun harus tetap waspada, karena perkembangan Covid-19, masih sangat dinamis. Kita akan menggunakan seluruh sumber daya, analisis ilmiah dan pandangan para ahli untuk terus mengendalikan pandemi Covid-19,” ujar Presiden Jokowi pada saat pidato kenegaraan terkait Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2022, Senin (16/8/2022).

Jokowi mengatakan, sampai saat ini pandemi Covid-19 belum berakhir. Di 2022, katanya, masih akan dihadapkan pada ketidakpastian yang tinggi.

“Kita juga harus menyiapkan untuk menghadapi tantangan global lainnya, seperti ancaman perubahan iklim, peningkatan dinamika geopolitik serta pemulihan ekonomi global yang tidak merata,” ujarnya.

Karena itu, kata Jokowi, APBN tahun 2022 harus antisipatif, harus responsif, dan fleksibel merespons ketidakpastian. Namun, tetap mencerminkan optimisme dan kehati-hatian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button