Headline

Kemenag Keluarkan Surat Edaran terkait Idul Adha, Ini Isinya

NDOPOSCO.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melakukan sosialisasi terkait dengan aturan pemerintah menjelang Hari Raya Idul Adha 2021 serta penyembelihan hewan kurban di Pondok Pesantren Lirboyo Kota Kediri, Jawa Timur.

”Ini sosialisasikan penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban,” kata Menag setelah bertemu dengan para kyai sepuh di Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Jumat (26/6/2021).

Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan edaran mengenai penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan pelaksanaan kurban 1442 H/2021 M di tengah pandemi COVID-19.

Aturan tersebut telah tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021. Dalam surat edaran tersebut, penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban wajib menerapkan protokol kesehatan.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada jajaran Ditjen Bimas Islam, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, Kepala KUA Kecamatan, pimpinan Ormas Islam, pengurus masjid dan mushala, panitia peringatan hari besar Islam, serta masyarakat Muslim di seluruh Indonesia.

Beberapa di antaranya kegiatan takbir keliling dilarang atau dapat disiarkan secara virtual. Untuk Shalat Idul Adha di lapangan terbuka atau di masjid/mushala pada daerah zona merah dan oranye ditiadakan.

Sedangkan di luar zona oranye, Shalat Idul Adha dapat dilaksanakan di lapangan terbuka atau masjid serta mushala berdasarkan penetapan dari pemerintah daerah atau satuan tugas penanganan COVID-19 dari daerah dengan protokol kesehatan yang ketat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button