Headline

KPK Akui Tak Susun Soal-Materi TWK, Tapi Respon Pernyataan Janggal

INDOPOSCO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku tidak ikut menyusun soal dan materi wawancara dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). Meski demikian, lembaga antirasuah itu merespons mengenai beberapa pertanyaan yang janggal dalam tes yang menjadi bagian dari peralihan pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Dalam melaksanakan TWK, BKN juga melibatkan Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis TNI, Pusat Intelijen TNI Angkatan Darat (Pusintel TNI AD), Dinas Psikologi TNI Angkatan Darat (Dispsiad), dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Semua alat tes berupa soal dan materi wawancara disusun oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) bersama lembaga-lembaga tersebut. Sebelum melaksanakan wawancara telah dilakukan penyamaan persepsi dengan pewawancara dari beberapa lembaga tersebut,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (7/5/2021).

Ali menjelaskan bahwa KPK juga bukan merupakan penyelenggara tes tersebut. “Seperti dijelaskan sebelumnya, asesmen tes wawasan kebangsaan ini diselenggarakan BKN,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button