Headline

Satgas Imbau WNI Tunda Pulang ke Indonesia, Ini Penyebabnya

INDOPOSCO.ID – Pemerintah terus meningkatkan surveilans Whole Genome Sequencing (WGS). Survailans ini bertujuan untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia serta memperketat proses skrining kedatangan internasional.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, bahwa ditemukannya varian baru Covid-19 bernama E484K yang merupakan mutasi dari varian B117 yang berasal dari Inggris. Sama seperti yang ditemukan pada varian Afrika Selatan dan Brazil serta dinilai lebih menular.

“Terkait dengan mutasi virus, pemerintah juga terus meningkatkan surveilans Whole Genome Sequencing (WGS) untuk memetakan varian Covid-19 yang masuk ke Indonesia serta memperketat proses skrining pada saat WNA dan WNI yang masuk dari luar negeri ke tanah air,” ujar Wiku seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (9/4/2021).

“Khusus untuk WNI yang akan pulang ke Indonesia atau repatriasi, apabila tidak ada keperluan yang sangat mendesak diimbau menunda sementara kepulangannya di periode ini. Dengan harapan mencegah imported case varian mutasinya,” sambungnya.

Selain itu, Wiku juga meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan adanya temuan itu, namun tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button