Headline

Isu Kudeta PD, Pertarungan Tak Ditentukan Bintang di Pundak

INDOPOSCO.ID – Sejumlah pihak menyarankan agar Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggandeng mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Ini untuk menangkal isu adanya kudeta atau pengambilalihan kepemimpinan PD secara paksa yang menyeret nama Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko melalui kongres luar biasa (KLB).

Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul (UEU) Jamiluddin Ritonga mengatakan, saran tersebut cocok bila Indonesia masih menganut paham otoriter. Di negara otoriter, kekuatan jabatan atau pangkat harus dilawan dengan kekuatan jabatan atau pangkat pula. Jenderal bintang empat harus dilawan jenderal bintang empat juga.

“Dengan kekuatan yang setimpal, nyali seseorang untuk menggusur orang lain akan kendor. Sebab, peluangnya untuk berhasil akan berkurang. Karena itu, keinginan menggusur orang lain akan diurungkan,” tutur Jamiluddin kepada indoposco.id, Jumat (12/2/2021).

Namun, lanjut Jamiluddin, Indonesia saat ini sudah menganut demokrasi. Kekuatan untuk memenangkan pertarungan tidak ditentukan oleh banyaknya bintang dipundaknya. Kekuatan basis massa pendukung akan lebih menentukan.

“Jadi, meskipun AHY hanya berpangkat mayor, namun bila ia didukung mayoritas kader Partai Demokrat, maka Moeldoko yang pernah berbintang empat tidak akan mampu menggusur AHY dari ketua umum Partai Demokrat,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button