Headline

Gletser Himalaya Pecah, 150 Orang Dikhawatirkan Tewas di India

INDOPOSCO.ID – Sedikitnya 150 orang dikhawatirkan tewas di India utara setelah gletser Himalaya pecah dan menabrak bendungan pada Minggu (7/2/2021) pagi, hingga menyebabkan banjir yang mengharuskan warga di desa-desa sekitarnya untuk dievakuasi.

“Jumlah sebenarnya belum dikonfirmasi, tetapi 100 hingga 150 orang dikhawatirkan tewas,” kata Om Prakash, sekretaris Kepala Negara Bagian Uttarakhand tempat insiden itu terjadi, kepada Reuters seperti dilansir Antara.

Seorang saksi melaporkan dinding debu, batu, dan air saat salju longsor menderu di lembah sungai. “Bencana itu datang sangat cepat, tidak ada waktu untuk memperingatkan siapa pun. Aku merasa bahkan kita akan tersapu,” ujar Sanjay Singh Rana, yang tinggal di hulu desa Raini.

Penduduk setempat khawatir bahwa orang-orang yang bekerja di proyek pembangkit listrik tenaga air di dekat pegunungan Himalaya tersapu, begitu pula penduduk desa yang sedang berada di dekat sungai untuk mencari kayu bakar atau menggembalakan ternak mereka.”Kami tidak tahu berapa banyak orang yang hilang,” ujar Rana.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan dia sedang memantau situasi dengan cermat. “India mendukung Uttarakhand dan seluruh bangsa berdoa untuk keselamatan semua orang di sana,” kata Modi di Twitter, setelah berbicara dengan menteri utama negara bagian itu.

Angkatan udara India sedang dipersiapkan untuk membantu operasi penyelamatan, kata pemerintah federal, sementara Menteri Dalam Negeri Amit Shah mengatakan tim tanggap bencana sedang diterbangkan untuk menjalankan bantuan dan penyelamatan.

“Semua perwira yang bersangkutan bekerja seperti saat menghadapi perang,” kata Shah di Twitter, mengacu pada Uttarakhand dengan nama panggilannya, istilah Hindi untuk “tanah para dewa”, karena banyaknya kuil Hindu dan pusat ziarah yang terletak di seluruh negara bagian.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button