Siloam Hospitals Group Buktikan Layanan Kesehatan di Indonesia Mampu Pimpin Inovasi dan Berkualitas

INDOPOSCO.ID – Siloam Hospitals Group kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional di tahun 2025 ini.
Hal itu dibuktikan dengan diborongnya lima penghargaan bergengsi dalam ajang Healthcare Asia Awards 2025, sebagai jumlah penghargaan terbanyak yang diraih oleh rumah sakit Indonesia tahun ini.
Prestasi ini merupakan bentuk bukti layanan kesehatan di Indonesia mampu memimpin inovasi dan berkualitas tinggi kelas dunia tanpa harus berobat ke luar negeri.
Kelima penghargaan itu mencerminkan keberhasilan Siloam dalam berbagai aspek layanan kesehatan. Pertama, Specialty Hospital of The Year – Indonesia.
Ini diberikan kepada MRCCC Siloam Hospitals atas kiprahnya dalam merevolusi layanan kanker di Indonesia melalui teknologi mutakhir dan pendekatan multidisiplin.
Kedua, Tertiary Hospital of the Year – Indonesia yang diberikan kepada Siloam Hospitals ASRI atas keberhasilannya menjadi pusat unggulan transplantasi ginjal di Indonesia, yang merupakan bagian dari layanan utama di Comprehensive Urology and Nephrology Center.
Ketiga, Medical Tourism Hospital of the Year – Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada BIMC Nusa Dua, salah satu destinasi unggulan wisata medis di Indonesia yang dikenal luas akan layanan bedah plastik berkualitas tinggi.
Dalam kurun waktu tiga tahun, prosedur bedah plastik di rumah sakit ini mengalami pertumbuhan delapan kali lipat, dari 77 tindakan pada tahun 2021 menjadi 627 pada rahun 2024.
Kemudian, Service Delivery Innovation Initiative of the Year – Indonesia yang diberikan sebagai pengakuan atas transformasi layanan rawat jalan melalui Outpatient Digital Express Lane, yang sejak tahun 2023 telah menghemat waktu tunggu pasien lebih dari 144 ribu jam.
Terakhir, Clinical Service Initiative of the Year – Indonesia. Penghargaan ini diberikan atas inisiatif pengembangan Stroke-Ready Hospitals sebagai bagian dari peran Siloam Hospitals yang berada di garda terdepan dalam layanan stroke akut di Indonesia.
”Pencapaian ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami dalam menyatukan keunggulan teknologi, kolaborasi lintas disiplin, dan pendekatan yang berpusat pada pasien untuk terus meningkatkan mutu layanan,” ujar Chief Executube Officer (CEO) Siloam Hospitals Group, Caroline Riady, dalam keterangannya, Selasa (15/4/2025).
Ia mengaku percaya integrasi digital, perbaikan keberlanjutan serta fokus pada keselamatan dan kenyamanan pasien adalah kunci dalam membangun sistem layanan kesehatan yang unggul dan berkelanjutan.
Dengan begitu, Siloam Hospitals Group berkomitmen akan terus mendorong inovasi strategis dan memperluas jangkauan layanan sebagai bagian dari komitmen terhadap keunggulan operasional dan pelayanan. (ibs)