Gaya Hidup

Dokter: Aktivitas Fisik Baik untuk Kesehatan Jantung

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rio Probo Kaneko Sp.JP, FIHA mengatakan masyarakat perlu melakukan aktivitas fisik maupun olahraga secara rutin karena baik untuk kesehatan jantung.

“Dengan aktif bergerak, beraktivitas fisik maupun olahraga, baik untuk kesehatan jantung,” kata Rio Probo ketika dihubungi di Jakarta, Senin.

Dokter yang praktik di RSUD Prof. Dr Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah itu menambahkan ketika seseorang melakukan aktivitas fisik maka jantung akan meningkatkan jumlah darah yang dipompa setiap menitnya.

“Atau disebut dengan cardiac output yang normalnya sekitar lima liter per menit menjadi hingga 25-30 liter per menit. Sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi semakin baik,” katanya.

Baca Juga : Konsumsi Sayur Segar dan Tinggi Serat Jaga Kesehatan Jantung

Dokter Rio menambahkan aktivitas fisik atau olahraga juga menimbulkan respons adaptasi tubuh, di mana jantung mengalami bertambahnya jumlah tampungan darah pada ruang bilik dan kemampuan kontraksi otot jantung yang makin baik.

“Hal tersebut meningkatkan jumlah darah yang dapat dipompa oleh jantung setiap kali berdenyut dan menurunkan laju jantung istirahat karena target kebutuhan darah yang dipompa ke seluruh tubuh tetap terpenuhi dengan laju yang lebih lambat,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button