Gaya Hidup

Konsumsi Sayur Segar dan Tinggi Serat Jaga Kesehatan Jantung

INDOPOSCO.ID – ​​​​​Dokter spesialis penyakit jantung pembuluh darah menyebutkan konsumsi buah dan sayur segar dan tinggi serat dapat menjaga kesehatan jantung.

“Menurut hasil penelitian konsumsi sayuran dan buah buahan segar atau tinggi serat adalah yang terbaik untuk kesehatan jantung, bahkan sebaiknya mengkonsumsi sampai dua kali dalam sehari. Ikan yang tinggi omega 3, juga dapat dilakukan empat hingga lima kali dalam seminggu,” ujar Dokter spesialis penyakit jantung pembuluh darah dari Siloam Hospitals Dhirga Surga, dr Triadi Milano SpJP (K), dalam keterangannya di Jakarta, Senin (3/10).

Adapun untuk daging putih (telur, ayam) sesungguhnya dibatasi tiga kali dalam seminggu serta daging merah yang hanya maksimal cukup dua kali dalam seminggu. Karbohidrat tinggi gula (biskuit, mentega) sebaiknya dibatasi satu kali saja dalam seminggu.

Berita Terkait

“Justru saya beri rekomendasi adalah konsumsi kacang kacangan, dengan mengesampingkan risiko bagi penderita asam urat, dapat dikonsumsi sampai 400 gram per hari,” jelas dia.

Secara garis besar, makanan sehat yang berguna bagi kesehatan jantung antara lain beras merah, sayuran hijau, ikan, buah seperti alpukat , apel, pepaya, pisang, jeruk dan lainnya dan bisa di tambah konsumsi minyak zaitun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button