Gaya Hidup

Cegah KDRT, Kenali Ciri Orang yang Bertendensi Lakukan Kekerasan

INDOPOSCO.ID – Psikolog klinis Anggiastri Hanantyasari Utami dari Universitas Gadjah Mada mengatakan ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sejak awal sebelum menentukan pasangan hidup demi mengantisipasi kekerasan dalam rumah tangga.

“Ketika kita mau objektif dan peka sebelum menentukan pasangan hidup ada beberapa hal yang bisa kita amati sejak dini,” kata Anggiastri kepada ANTARA, Kamis.

Dia menjelaskan kekerasan dalam rumah tangga adalah hal yang menjurus kepada isu kesehatan mental, bisa dalam bentuk kekerasan fisik, kekerasan ekonomi dengan tidak memberikan nafkah, kekerasan seksual dalam rumah tangga, maupun kekerasan secara psikologis.

“Pertama, seringkali merendahkan kita baik secara personal maupun ketika di depan umum,” ujar Anggota Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia itu.

Baca Juga: Tersangka KDRT, Rizky Billar Terancam Hukuman Lima Tahun Penjara

Ciri lainnya adalah tidak mampu mengkomunikasikan dan menyelesaikan masalah berdua dengan baik bahkan cenderung menghindari atau kabur dari masalah. Kemudian, perhatikan apakah pasangan sering menggunakan kata-kata kasar saat menyampaikan keluhannya.

Hal lain yang harus diwaspadai adalah ketika pasangan memaksakan kehendak pada pada pasangannya seperti mengatur apa yang seharusnya dilakukan pasangan tanpa mau mendengar kebutuhannya.

Lalu, hati-hati bila pasangan merasa berkuasa dan merasa paling benar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button