Gaya Hidup

Simak Tips dari Ahli Gizi untuk Tetap Sehat selama Lebaran

INDOPOSCO.ID – Kesadaran menjalani hidup sehat juga harus dilakukan secara konsisten dalam kehidupan sehari- hari, mulai dari kebiasaan makan, olahraga, dan istirahat yang cukup setiap hari, tidak terkecuali saat bulan Ramadhan dan Idulfitri.

Menurut dr. Vikie Nouvrisia Anandaputri, M.Gizi, Sp.GK., ahli gizi dari Good Doctor, Ramadhan sebenarnya bisa menjadi cara untuk kembali berkomitmen menjalani gaya hidup sehat dan seimbang.

“Karena di bulan Suci ini, kita diajar untuk memiliki kesadaran untuk mengendalikan diri secara menyeluruh, baik dengan cara mengatur kebiasaan makan hingga mengatur emosi. Ini mengapa puasa bermanfaat langsung untuk kesehatan fisik dan mental,” ujar dr. Vikie seperti dikutip dari siaran pers Good Doctor pada Sabtu (23/4/2022).

Beberapa penelitian menjelaskan tentang bagaimana puasa yang dilakukan secara rutin bisa mengontrol kadar gula darah sehingga menekan risiko terjadinya resistensi insulin.

Tak hanya itu, puasa secara rutin juga memberikan waktu istirahat untuk sistem pencernaan. Pada saat berpuasa juga terjadi pembakaran kalori, bahkan penurunan massa lemak sehingga dengan

berpuasa dapat mencegah obesitas. Alhasil metabolisme tubuh jadi lebih efisien buat membakar kalori dalam tubuh.

“Jangan mau hanya menikmati manfaat kesehatan ini hanya di bulan Ramadan, tapi lakukan juga secara konsisten setelahnya,” dr. Vikie.

Khusus di momen hari Raya Idulfitri, dr. Vikie pun memberikan tips agar tetap mampu mengendalikan diri, seperti mengontrol asupan kalori hingga makan sesuai dengan jamnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button