Gaya Hidup

Hati-Hati Nyeri Dada Kiri Salah Satu Gejala Serangan Jantung

INDOPOSCO.ID – Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dr Rio Probo Kaneko Sp JP FIHA mengingatkan bahwa nyeri dada sebelah kiri merupakan salah satu gejala khas serangan jantung yang perlu diwaspadai.

“Nyeri dada sebelah kiri salah satu gejala serangan jantung namun tidak semua nyeri dada itu berarti serangan jantung, ada beberapa tanda yang menunjukkan itu nyeri dada khas serangan jantung atau bukan,” katanya di Purwokerto, Banyumas, Jateng, Minggu (6/2/2022).

Dokter yang praktik di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto menjelaskan, nyeri dada khas serangan jantung tidak terlokalisasi pada satu tempat atau satu titik.

“Seseorang biasanya merasa nyeri seperti tertusuk atau tertindih atau terhimpit benda yang berat, selain itu biasanya disertai penjalaran atau rasa nyerinya merambat, paling sering ke arah lengan kiri, leher, punggung,” katanya seperti dikutip Antara, Minggu (6/2/2022).

Selain itu, kata dia, biasanya seseorang yang mengalami serangan jantung juga mengalami gejala penyerta lain seperti sesak nafas yang sangat berat, keluar keringat dingin dan terkadang disertai mual dan muntah secara berlebihan. “Itu biasanya ciri yang menjadi gejala serangan jantung,” tandasnya.

Dia juga menambahkan, jika seseorang mengalami gejala-gejala seperti di atas maka terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan yakni yang pertama harus menghentikan seluruh aktivitas, lalu beristirahat dengan posisi duduk atau bisa juga posisi tidur atau berbaring.

Baca Juga: Terapkan Hal Ini Untuk Hindari Penyakit Jantung

Setelah itu, segera menghubungi dokter atau fasilitas kesehatan yang terdekat untuk meminta bantuan. “Nantinya akan dilakukan tindakan penyelamatan oleh dokter atau tim penyelamat untuk memberikan aliran darah pada pembuluh darah jantung yang tersumbat,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button