Gaya Hidup

Cerita Unik di Balik Popularitas Jajanan Khas Korea

INDOPOSCO.ID – Saat ini sudah ada beragam kuliner khas Korea Selatan yang bisa Anda cicipi mulai dari makanan dan minuman instan, hidangan panggang khas Korea, hingga jajanan street-food.

Beragam menu bahkan sempat naik daun karena sering muncul di serial drama Korea favorit. Ternyata, di balik lezatnya makanan tersebut terdapat cerita unik yang mencerminkan budaya dan tradisi masyarakat Korea Selatan.

Berikut lima fakta di balik jajanan khas Korea Selatan seperti dikutip dari siaran pers Gildak, Kamis:

1. Santap ramyeon hangat di atas tutup panci

Hidangan satu ini sebutan untuk sajian mie rebus instan di Korea Selatan. Berbeda dengan orang Indonesia ketika menyantap mie instan, masyarakat Korea Selatan menyajikan ramyeon dengan menaruhnya di atas tutup panci, ketimbang piring atau mangkuk.

Cara ini dilakukan agar hidangan ramyeon yang hendak disantap bisa terjaga kehangatannya karena tutup panci yang panas.

2. Tteokbokki, hidangan mewah tempo dulu

Jajanan khas Korea satu ini terbuat dari olahan kue beras atau ‘tteok’ yang kenyal dan dicampur dengan saus cabai merah dengan rasa manis, pedas, dan gurih dari saus gochujang. Dulu, hidangan ini hanya disajikan di lingkungan kerajaan. Di Kota Daegu bahkan berdiri Museum Tteokbokki.

Seiring berjalannya waktu, tteokbokki akhirnya bisa juga disantap oleh masyarakat sipil karena tersedia di sepanjang jalan dalam bentuk warung kaki lima.

3. Odeng dan oden, serupa tapi tak sama

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button