Gaya Hidup

Sosiolog: Era Media Sosial, Era Matinya Ruang Privat

INDOPOSCO.IDSosiolog Universitas Udayana, Bali Wahyu Budi Nugroho mengatakan media sosial disebut sebagai era matinya ruang eksklusif, karena semua yang bersifat personal sudah terekspos dan bisa disaksikan oleh banyak orang tanpa disadari.

“Jadi bagaimana keseharian hidup kita, aktivitas sehari-hari, serta berbagai pengalaman dan momen yang kita unggah di media sosial. Hal inilah yang menyebabkan era media sosial disebut sebagai era matinya ruang privasi,” kata Wahyu saat dikonfirmasi di Denpasar, Senin (29/11/2021).

Ia mengatakan meskipun bagi sebagian orang ada yang sudah menyadari dan menerima situasi tersebut, karena menilai media sosial menawarkan keasyikan yang lebih banyak.

Sementara, aktivitas bermedia sosial dengan intensitas yang terlalu sering dalam mengekspos hal- hal bersifat pribadi ke ranah publik tentu bisa menimbulkan kerentanan baru. Salah satunya adalah cyber crime atau kejahatan dunia maya.

Menurut Wahyu dibutuhkan literasi digital dan sikap kritis pengguna media sosial agar tidak sekadar mengikuti tren dunia maya tanpa menimbang berbagai risiko yang bisa ditimbulkannya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button