Gaya Hidup

Mau 3 Tahun Raih Gelar Sarjana di UK dan Siap Kerja, Begini Caranya

INDOPOSCO.ID – Tertarik melanjutkan kuliah di UK? Ketahui pilihan program Pathway dan estimasi biaya untuk menentukan destinasi universitas yang akan dipilih serta tentukan rencana karir dan studi sejak awal. Tidak dapat dipungkiri bahwa empat hal tersebut akan menentukan kelancaran pendidikan para siswa ke depan.

UK merupakan salah satu destinasi tujuan favorit studi bagi para pelajar di Indonesia. Mendapatkan Gelar Sarjana dari UK secara internasional diakui dan dihormati serta dianggap telah memiliki pendidikan berkualitas.

Baca Juga : Peneliti Apresiasi Pembatalan PPN Jasa Pendidikan

Lebih dari 4.500 pelajar di Indonesia menempuh pendidikan tinggi di negara tersebut (British Council 2019). Kuliah dan standar pendidikan tinggi di UK terkenal di seluruh dunia. Selain merupakan tempat dimana universitas tertua dan termapan di dunia berada, UK dan universitas-universitasnya memiliki reputasi yang tak terbantahkan dalam hal keunggulan dan kualitas akademik. UK juga terus berinvestasi dan berinovasi dalam dunia pendidikan untuk memberikan fasilitas pendidikan termodern dunia.

Salah satu solusi untuk lancar studi di UK adalah dengan memilih Pathway program. Dimana siswa akan berkuliah selama dua (2) tahun pertama dahulu di Indonesia dan menyelesaikan satu (1) tahun terakhir-nya di UK untuk program Bachelor (S1). Serta untuk mereka yang akan melanjutkan ke jenjang Master dapat mengambil delapan (8) bulan program di Indonesia dan empat (4) bulan di UK.

Baca Juga : Indonesia Terus Kembangkan Kerja Sama Pendidikan Antarnegara ASEAN

Program ini menjembatani perbedaan sistem dan kualifikasi calon siswa internasional kuliah di UK, mulai dari kurikulum, nilai dan bahasa. Program ini juga mempersiapkan para siswa agar beradaptasi dengan kultur dan lingkungan pembelajaran di UK nantinya.

Dalam kesempatan kali ini USG Education bersama Manchester Metropolitan University (MMU), United Kingdom (UK) berikan informasi terkait Program Pathway US Education yaitu UIC College – MMU agar siswa/i dapat bertransisi ke perkuliahan jenjang internasional yang dituju lebih singkat dengan belajar di Indonesia terlebih dahulu dan kemudian mendapatkan gelar S1 Internasional di UK.

UIC College yang merupakan bagian dari USG Education menawarkan jurusan beragam baik di bidang kreatif seperti Graphic Design, Fashion Design, Sound Design serta Business dan Computing dengan mengaplikasikan konsep pembelajaran real world & practical learning bagi siswa/i Indonesia yang didukung oleh keseimbangan akademik dan praktik langsung kelapangan semasa menjalankan studi agar mereka siap dengan segala perubahan dan kompetisi dunia dan work-ready.

Selama mengambil program UIC UK Pathway, para siswa akan mempelajari ilmu sesuai pilihan jurusan, mereka juga akan mendapatkan berbagai macam pelatihan termasuk juga kegiatan praktik dan ketrampilan. Selain materi pengajaran sesuai dunia kampus, siswa juga mendapatkan berbagai kemampuan professional untuk masa depan mereka.

Para siswa juga akan belajar mandiri dan memecahkan masalah sendiri, meningkatkan kepercayaan diri, kebebasan untuk berkembang, serta kaya akan pengalaman internasional dan pengetahuan dunia luar.

Aruyani Mawardu, B.A, M.I.M yang merupakan MMTIC® Certified Practitioner dan Strong® Certified Career Consultant mengatakan ada empat komponen yang saling berkaitan dan harus dipersiapkan yaitu : persiapan studi plan, perencanaan karir dan minat, persiapan tujuan kuliah dan persiapan finansial. Perencanaan hal – hal tersebut apabila dipersiapkan sejak dini akan sangat membantu pemantapan siswa nanti pada saat kuliah dan menentukan masa depannya.

“Memilih jurusan kuliah yang sesuai minat dan bakat akan memotivasi siswa dalam menempuh pendidikannya, mereka akan menggali lebih dalam tentang ilmu yang ditempuh guna menunjang tujuan karir mereka. Memiliki kemampuan global, ketrampilan yang mumpuni merupakan salah satu kompetensi yang dicari oleh pasar saat ini dan ke depannya,” tambah Ariyani, yang juga merupakan USG Head of Kelapa Gading Campus.

“Apa pun jurusannya, yang terpenting para siswa juga harus ingat bahwa role kerja di era sekarang sangatlah dinamis. Jangan hanya fokus pada akademis perkuliahan saja, tapi juga perlu mengembangkan soft skill dan hard skill yang berguna untuk karir di masa depan,” tambah Ariyani

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button