Gaya Hidup

Tak Hanya Kuliner, Tarian Dawet Ayu juga Bisa Jadi Ikon Pariwisata

INDOPOSCO.ID – Tarian Dawet Ayu yang tengah dipromosikan Pemkab Banjarnegara, Jawa Tengah bisa menjadi ikon baru yang dapat menarik minat wisatawan. “Tarian Dawet Ayu bisa menjadi bagian dari atraksi wisata sekaligus ikon baru yang melengkapi kuliner Dawet Ayu yang saat ini sudah populer di tingkat nasional,” kata Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman( Unsoed) Chusmeru di Purwokerto, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021).

Untuk itu, langkah Pemerintah Kabupaten Banjarnegara untuk mempromosikan tarian Dawet Ayu perlu didukung oleh berbagai pemangku kepentingan pariwisata di daerah tersebut.

“Tarian Dawet Ayu diperkirakan akan menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Banjarnegara. Alasannya, tarian ini adalah sejenis tarian profan yang digunakan untuk menghibur dalam suatu acara,” katanya.

Dengan demikian, tarian tersebut dapat dinikmati wisatawan di berbagai objek wisata, taman rekreasi, hotel, restoran, maupun tempat- tempat resmi, seperti perkantoran dan perusahaan.

Selain itu, tarian Dawet Ayu juga diharapkan akan dapat seperti tarian Panyembrama maupun tarian Pendet di Bali yang sering dipertunjukkan untuk menyambut wisatawan maupun membuka suatu acara seremonial di perkantoran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button