Gaya Hidup

Alami Long Covid-19, Perlu Hati-Hati Berkegiatan!

INDOPOSCO.ID – Anda penyintas Covid-19 yang mengalami long Covid-19 disarankan berhati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Hal ini seperti diungkap dokter spesialis penyakit dalam dr. Jeffri Aloys Gunawan,Sp.PD.

“Meskipun gejala Long Covid-19 ini bisa diatasi secara medis, pasien Covid-19 perlu tetap selalu waspada. Apabila mengalami long Covid-19, pasien harus lebih hati-hati dalam melakukan kegiatan sehari-hari, namun bukan berarti berhenti sepenuhnya,” kata dia seperti dikutip dari siaran pers Good Doctor, Minggu (12/9/2021).

Menurut dia, Anda perlu mengatur kegiatan agar tidak terlalu kelelahan, melakukan kegiatan sesuai dengan kemampuan termasuk aktivitas fisik dengan teratur agar otot-otot tetap bekerja.

Kemudian, apabila gejala semakin memburuk segera berkonsultasilah dengan dokter, salah satunya melalui telemedisin demi meminimalisir risiko kembali terpapar virus.

Long Covid-19 yakni gejala sisa setelah empat pekan sejak seseorang mulai merasakan gejala Covid-19 sampai dinyatakan negatif. Gejala ini dapat berupa sesak napas, nyeri sendi, nyeri otot, batuk, diare, kehilangan penciuman, dan pengecapan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kebanyakan kasus infeksi Covid-19 akan pulih dan kembali sehat dalam jangka waktu beberapa minggu.

Tetapi, beberapa kasus dapat menunjukkan gejala yang berlangsung lebih lama atau bahkan berbulan- bulan setelah dinyatakan negatif, dan kondisi ini disebut sebagai long Covid-19.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button