Gaya Hidup

Air Kelapa Baik untuk Tubuh Asal Tidak Berlebihan

INDOPOSCO.ID – Air kelapa merupakan minuman yang menyegarkan dan dapat membantu mengatasi kekurangan cairan tubuh, namun bukan berarti seluruh kebutuhan tubuh dalam sehari boleh didapatkan hanya dari air kelapa.

Pakar farmakologi dari Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Purwantyastuti, MSc, SpFK, mengatakan minum air kelapa secukupnya agar tubuh tidak kelebihan kalium.

“Sebenarnya tidak ada cara meminum secara khusus, tetapi mesti diingat bahwa meskipun berfungsi mengatasi dehidrasi, sebaiknya jangan sampai air kelapa digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan air dalam sehari (8-10 gelas),” jelas Purwantyastuti, Sabtu.

Jika diminum tiap hari sebaiknya dibatasi secukupnya saja, seperti satu-dua gelas. Kandungan Kalium pada air kelapa dapat menjadi masalah bila total Kalium di dalam tubuh kadarnya terlalu tinggi. Kalium yang terlalu tinggi dapat mengganggu fungsi jantung.

“Namun jangan khawatir, selama diminum tidak berlebihan, air kelapa tidak akan menimbulkan masalah kesehatan,” jelas dia.

Khasiat utama air kepala adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat. Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun.

“Rasanya yang lezat dan menyegarkan, membuat air kelapa mudah diminum orang yang sedang sakit, otomatis cairan tubuhnya kembali dan mendorong pemulihannya. Hal ini mungkin yang menyebabkan orang menghubungkan air kelapa dengan kekebalan tubuh,” ungkap Prof. Tuti.

Di dalam tubuh, air kelapa dan cairan tubuh lainnya menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh, yang diperlukan sistem kekebalan dan sistem-sistem lainnya di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button